10 Negara Yang Paling Banyak Dikunjungi Turis Mancanegara, Indonesia Ke Berapa Ya?

Posted by Oblongnesia 21/09/2019 0 Comment(s) News,Trends,

Organisasi PBB untuk Pariwisata Dunia, UNWTO, baru saja merilis laporan perkembangan industri pariwisata dunia untuk tahun 2018. Ternyata perkembangan industri pariwisata dunia dari tahun ke tahun masih berkembang pesat. Sejak 2010 angka turis dan angka penerimaan negara-negara dari industri pariwisata internasional masih terus meningkat. Nah, artikel ini akan mengulas laporan UNWTO tersebut, juga mengulas 10 negara mana yang paling banyak dikunjungi turis mancanegara berdasarkan laporan tersebut.

 

Di tahun 2018, pariwisata internasional merupakan industri dengan nilai ekspor terbesar ketiga setelah industri bahan kimia dan bahan bakar. Pariwisata mancanegara ini menghasilkan nilai pendapatan negara-negara destinasi sebesar 1,5 triliun dollar Amerika. Angka itu belum termasuk pendapatan sedikitnya 250 milyar dollar Amerika di bidang transportasi penumpang wisata. Nilai pendapatan ini bahkan lebih tinggi dari dua industri besar, industri otomotif dan industri makanan.

 

Nah, dari kue pendapatan yang sekian besar itu, negara mana ya yang paling banyak memperoleh bagian kue tersebut. Tentunya, semakin kuat industri pariwisata di negara tersebut, maka semakin banyak pula kunjungan wisata ke negara tersebut dan semakin besar pula pendapatan negara tersebut dari dunia pariwisata.

10 Negara yang paling banyak dikunjungi turis mancanegara.

  1. Prancis

Kunjungan Wisatawan Internasional : 89 juta wisatawan

Eropa masih merupakan benua yang paling banyak menjadi tujuan wisata, dan Prancis adalah juaranya. Kunjungan turis internasionalnya mencapai 89 juta wisatawan di tahun 2018. Angka ini lebih besar 3% dari tahun sebelumnya. Prancis memang merupakan tujuan wisata utama di Eropa, dengan banyak sekali daya tarik, dari mulai Menara Eiffel yang ikonik, hingga Museum Louvre yang terkenal.

 

Walaupun merupakan yang paling banyak dikunjungi, ternyata jumlah penerimaan industri pariwisata internasional di Prancis bukan yang paling tinggi. Di industri ini Prancis menerima USD 67 Milyar, dan merupakan jumlah penerimaan tertinggi ketiga di dunia. Yang pertama dan yang keduanya negara mana ya? Cek negara selanjutnya.

  1. Spanyol

Kunjungan Wisatawan Internasional : 83 juta wisatawan

Juara dua untuk negara yang paling banyak dikunjungi turis mancanegara masih diduduki negara Eropa, yaitu Spanyol, dengan total kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 83 juta wisatawan; meningkat 1% dari tahun sebelumnya. Selain kota-kotanya yang ikonik, seperti Madrid, Barcelona, dan Seville, Spanyol juga punya industri olahraga sepakbola yang tangguh; yang selalu berhasil menarik minat turis  luar untuk berkunjung; ke Santiago Bernabeu, stadion Real Madrid, ataupun Nou Camp, stadion FC Barcelona.

 

Penerimaan Spanyol dari pariwisata mancanegara ini melebihi Prancis lho. Nilai penerimaan Spanyol mencapai USD 74 Milyar. Angka ini meningkat 4% dari tahun 2017. Walaupun demikian, angka ini masih belum merupakan pendapatan tertinggi di industri pariwisata mancanegara. Angka ini merupakan yang kedua terbesar. Nah, negara mana sih yang pendapatannya paling tinggi? Cek negara berikutnya.

  1. Amerika Serikat

Kunjungan Wisatawan Internasional : 80 juta wisatawan

Di peringkat ketiga jumlah kunjungan turis terbanyak ada negara adidaya Amerika Serikat (AS), dengan jumlah kunjungan sebanyak 80 juta wisatawan mancanegara. Angka ini juga meningkat dari tahun 2017 yang mencapai sekitar 76 juta wisatawan. AS memang destinasi wisata yang cukup kumplit, dari mulai wisata alam dengan banyak taman nasionalnya (Grand Canyon, Yellow Stone, dll.), hingga lokasi-lokasi wisata ikonik seperti Las Vegas dan Hawaii.

Kaos New York

Nah, walaupun jumlah kunjungannya kalah dari Prancis dan Spanyol, jumlah penerimaan wisata mancanegara AS jauh melebihi dua negara tersebut. Tercatat AS menerima USD 214 Milyar, atau sekitar 3 ribu trilyun rupiah. Pemerintah Indonesia saja menargetkan penerimaan negara 2018 sekitar 1.900 trilyun rupiah saja; kalah dengan penerimaan AS di bidang pariwisata mancanegara. Nilai yang sangat fantastis bukan?

  1. China / Republik Rakyat Tiongkok

Kunjungan Wisatawan Internasional : 63 juta wisatawan

Negara benua Asia yang menduduki peringkat tertinggi kunjungan wisatawan mancanegara adalah China, yaitu sebanyak 63 juta wisatawan. Selain lokasi-lokasi wisata, China juga sudah berkembang menjadi salah satu pusat bisnis dunia, sehingga banyak pula kunjungan mancanegara untuk kegiatan bisnis. Walau demikian, lokasi wisata favorit, Tembok Besar China, saja bisa dikunjungi 10 juta wisatawan per tahunnya. Saking banyaknya, pemerintah China memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung per hari hingga 65ribu wisatawan. Padat juga ya.

 

Walaupun jumlah kunjungannya menduduki peringkat keempat tertinggi, tapi penerimaan China dari pariwisata internasional hanya mencapai USD 40 Milyar saja. Walau demikian, bagi China ini merupakan kabar baik, karena nilai ini merupakan peningkatan 21% dari tahun sebelumnya. Di banding negara lain, angka ini ada di peringkat 10 untuk penerimaan terbesar dari pariwisata internasional, yang ternyata masih kalah oleh salah satu negara di Asia Tenggara. Negara Asia mana yang memegang juara tertinggi di jumlah penerimaan pariwisata mancanegara? Ayo lanjutkan baca.

  1. Italia

Kunjungan Wisatawan Internasional : 62 juta wisatawan

Peringkat kelima kembali diduduki negara Eropa, kali ini Italia, dengan kunjungan sebanyak 62 juta turis; meningkat 7% dari tahun sebelumnya. Italia memang memiliki banyak destinasi ikonik berkelas dunia, dari mulai monumen-monumennya, seperti Menara Pisa dan Colosseum, bangunan-bangunan bersejarah, hingga kota-kota menarik seperti pusat fashion di Milan, kota di atas air di Venezia, hingga Turin dengan klub sepak bolanya yang memiliki banyak fans fanatid dari seluruh dunia, Juventus.

 

Dari kunjungan wisatawan yang besar ini, Italia berhasil memperoleh pendapatan sebesar USD 49 Milyar; juga meningkat 7% dari tahun sebelumnya. Angka ini merupakan penerimaan yang terbesar keenam di dunia, dan hanya kalah oleh Spanyol dan Prancis di Eropa.

  1. Turki

Kunjungan Wisatawan Internasional : 46 juta wisatawan

Masih di Eropa, kali ini Turki melesat menduduki peringkat keenam, sejumlah 46 juta wisatawan, dengan peningkatan jumlah wisatawan mancanegara sebanyak 22% dari tahun sebelumnya. Bagi wisatawan asal Indonesia, Turki menjadi destinasi wisata favorit untuk melengkapi perjalanan umroh ke Arab Saudi. Sepertinya hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah Turki.

 

Walaupun demikian, kunjungan ini belum berbanding lurus dengan jumlah pendapatan pariwisatanya. Dari 46 juta turis mancanegara yang berkunjung, Turki hanya mampu mencatatkan penerimaan sebesar USD 25 Milyar saja. Angka ini bahkan tidak termasuk 10 besar pendapatan pariwisata mancanegara terbesar.

  1. Mexico

Kunjungan Wisatawan Internasional : 41 juta wisatawan

Negara benua Amerika lainnya yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara adalah Mexico, dan di sini Mexico menempati urutan ketujuh, dengan jumlah kunjungan sebanyak 41 juta turis. Mexico memiliki banyak tujuan wisata alam terkenal, seperti Kepulauan Galapagos, yang selain indah, juga sering digunakan untuk keperluan studi; juga pantai Acapulco yang ikonik.

 

Sama halnya dengan Turki, Mexico juga belum bisa memanfaatkan banyaknya kunjungan wisatawan mancanegara menjadi penerimaan. Total penerimaan dari wisatawan mancanegara di tahun 2018 hanya mencapai USD 22 Milyar saja. Walau demikian, angka ini masih merupakan yang terbesar kedua di benua Amerika; hanya kalah dari Amerika Serikat.

  1. Jerman

Kunjungan Wisatawan Internasional : 38 juta wisatawan

Kembali ke Eropa, di urutan ke delapan ada Jerman dengan jumlah kunjungan sebanyak 38 juta wisatawan; meningkat 4% dari tahun sebelumnya. Banyak alasan untuk berwisata ke Jerman, seperti kekayaan sejarahnya lewat berbagai monumen historis, seperti Bradenburg Gate yang memisahkan Berlin Barat dan Berlin Timur. Jerman juga merupakan tuan rumah bagi salah satu klub sepak bola terbaik eropa, FC Bayern Munchen.

 

Dari sisi pendapatan, Jerman juga menduduki urutan kedelapan pendapatan terbesar dari pariwisata mancanegara dengan total penerimaan sebesar USD 43 Milyar; meningkat 3% dari tahun sebelumnya.

  1. Thailand

Kunjungan Wisatawan Internasional : 39 juta wisatawan

Yang paling melesat di bidang pariwisata mancanegara justru adalah negara dari Asia Tenggara. Ya, Thailand. Menurut catatan UNWTO, di tahun 2010 Thailand hanya dikunjungi sekitar 15 juta wisatawan, dan di 2018 angka tersebut bisa meningkat lebih dari dua kali lipatnya, yaitu sebanyak 39 juta wisatawan. Angka ini didukung banyak laporan lain yang menyatakan bahwa Bangkok merupakan salah satu kota paling banyak dikunjungi di dunia.

 

Yang lebih fantastis lagi, Thailand bisa meraup sekitar USD 63 Milyar dari penerimaan pariwisata mancanegara-nya. Angka ini cukup fenomenal karena menempati peringkat keempat penerimaan pariwisata mancanegara terbesar; bahkan mengalahkan China dan banyak negara-negara Eropa. Banyaknya destinasi wisata Thailand yang berkembang pesat menjadi destinasi wisata dunia menjadi salah satu faktor pendukung utama, ditambah dengan keluwesan dari penduduk Thailand dalam menerima budaya dari luar yang dibawa wisatawan asing. Wah, ternyata di bidang pariwisata mancanegara, Indonesia masih kalah jauh dari Thailand.

  1. United Kingdom

Kunjungan Wisatawan Internasional : 36 juta wisatawan

Di peringkat kesepuluh ada negara kerajaan kesatuan, United Kingdom (UK), dengan jumlah kunjungan sebanyak 36 juta wisatawan. Sayangnya untuk UK, angka ini merupakan penurunan sebesar 4% dari tahun sebelumnya. Banyak sekali destinasi dan atraksi yang bisa disaksikan di UK, dari mulai monumen bersejarah di pusat kota London, hingga pertandingan-pertandingan liga terbaik dunia, Liga Inggris.

 

Walaupun jumlah kunjungannya menurun, jumlah penerimaan UK dari pariwisata mancanegara tetap meningkat. Tahun ini peningkatannya tipis sebesar 2%, dengan jumlahnya mencapai USD 52 Milyar. Angka ini merupakan peringkat 5 terbesar untuk penerimaan pariwisata mancanegara; di bawah Thailand di peringkat keempat.

10 Negara yang paling banyak dikunjungi turis mancanegara, London, UK, peringkat ke 10

***

Indonesia di Posisi Berapa Ya?

Nah, ternyata masih belum ada Indonesia di 10 Negara yang paling banyak dikunjungi turis mancanegara. Kita masih kalah jauh baik dari jumlah kunjungan maupun jumlah pendapatan. Di tahun 2018, tercatat kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia sebanyak 13 juta turis; dengan pendapatan sebesar USD 14 Milyar. Angka ini masih kalah jauh dari Thailand dan Malaysia; bahkan kalah dari negara sekecil Singapura. Malah, di tahun 2018, kita disalip juga oleh Vietnam yang dikunjungi 15 juta turis.

 

Jangankan untuk bersaing di tingkat dunia, di kawasan Asia Tenggara saja Indonesia masih kalah jauh di bidang pariwisata mancanegara. Indonesia masih harus banyak berbenah dari mulai infrastruktur pariwisata, transportasi dan akomodasi, isu keamanan, hingga persepsi masyarakat tentang pariwisata. Hmm, kita masih punya banyak pe-er ternyata ya.

Tags/penandaan: travel pariwisata turis unwto

Leave a Comment